Mori no Gakko-Learning Forestry

Acara ini bernama Mori no Gakko (Jepang) yang dalam Bahasa kita diartikan Belajar tentang Kehutanan (kurang lebih). Aku sih hanya ikut sebagai tamu dan ingin melihat-lihat saja, hehe. Acara ini diselenggarakan oleh teman-teman jurusan Kehutanan fakultas Pertanian Universitas Yamagata dan mereka menamai kelompok ini dengan nama Moritami-Hutan untuk Sesama. Pertama kali saya mendengar kelompok ini, saya merasa kegiatan-kegiatan mereka sangat dekat dengan masyarakat dan mengenalkan kepada masyarakat tentang dunia hutan dan kehutanan. Namun ternyata lebih dari itu, semua kalangan masyarakat nampaknya turut dilibatkan agar penguasaannya merata. Seperti kegiatan kali ini yang sasarannya ada anak-anak SD dan SMP dari semua level kelas. Menurut saya tujuannya adalah untuk saling membimbing dan berbagi pengetahuan. Bagus. Jadi pengen melakukan hal yang sama.

Gambaran level umur
Acara ini meliputi 3 sub-acara yaitu seminar, games dan ishori (membuat herbarium). Seminar berisi tentang pengenalan jenis-jenis buah dan biji pada suatu tanaman yang dalam sub-acara dibuat sedemikian rupa agar anak-anak tidak merasa bosan dan antusias menjalani acaran. Aku melihat ketertarikan dan minat yang luar biasa dari anak-anak Jepang. Opini dan suara mereka sangatlah didengar dan dihargai. Tidak heran jika negara ini cepat maju dan tumbuh berkembang karena salah satu aspek moral masyarakatnya sudah bagus. Belum terlambat untuk berbenah
Sub-acara berikutnya yang tak kalah menarik adalah permainan. Permainan dibagi dalam beberapa tahapan atau misi khusus yang harus dipecahkan tiap tim. Rangkaian permainan yang ditawarkan meliputi adu ketangkasan, kecerdasan, kecermatan dan keberanian. Bagian ini adalah salah satu favorit saya karena saya bisa melihat dengan jelas antusias dan teknik bermain yang baik dari anak-anak Jepang ini. Tidak cepat merasa lelah dan memiliki rasa ingin belajar tinggi.
Lalu sub acara yang terakhir yaitu membuat Ishori (herbarium). Sebenarnya bisa dibilang herbarium sederhana yang tanpa menggunakan zat kimia tertentu untuk mengawetkan warna daun. Bahan yang diperlukan hanyalah bagian tanaman, alat laminating dan kertas, pelengkap lain tentunya seperti crayon, kertas lipat, gunting dan solatip tak boleh ketinggalan.

Berikut adalah beberapa gambaran acara Mori no Gakko
Permainan mencari buah pinus

Kuliah singkat dari sensei

Makan siang 

Penyerahan hadiah kepada tim terbaik
Semoga membuka wawasan dan memberi manfaat :)

Comments

Popular posts from this blog

THINGS TO DO IN JAPAN #8-Hanami (Sakura party)

KABUL, AFGHANISTAN: Pemandangan kota

Rock Festival of Agriculture in Tsuruoka, 29 September 2013