Terbang Murah ke Tokyo

Alternatif penerbangan murah ke Tokyo berdasarkan pengalaman pribadi.
Pada 31 Agustus 2013, saya dan beberapa mendapatkan kesempatan penelitian skripsi di Jepang. Kami akan menuju ke Yamagata University yang terletak di Tsuruoka. Penerbangan yang ditawarkan oleh pihak universitas adalah Jakarta-Narita (Tokyo)-Shonai menggunakan Garuda lalu dilanjutkan penerbangan lokal. Waktu itu saya lihat Garuda sangat mahal yaitu sekitar Rp7.000.000 dengan bagasi 20 kg. Karena untuk satu tahun, jadi barang bawaan kami sekitar 30-35 kg per orang dan untuk tambahan bagasi Garuda dikenakan biaya sekitar $20/kg (kalau tidak salah). Sehingga kami memutuskan untuk mencari penerbangan alternatif dan alhamdulillah dapat.

Air Asia dengan jalur Jakarta-Kuala Lumpur, Kuala Lumpur-Haneda (Tokyo), Haneda-Shonai. Kami dapat sekitar Rp4.500.000 dengan bagai 40 kg. Sementara untuk Haneda-Shonai kami memilih ANA yang ternyata cukup mahal yaitu sekitar Rp1.300.000, kami pasrah saja pada pihak universitas karena untuk penerbangan lokal, mereka lah yang membooking.
Namun, perlu diingat prinsip bahwa penerbangan murah terkadang bermasalah. Misalnya, karena menggunakan Air Asia, maka harus menuju ke negara pemilik untuk ganti pesawat. Karena pesawat kami delay di Jakarta maka ketika tiba di Kuala Lumpur kami kesetanan karena hanya H-10 menit berangkat. Walaupun alhamdulillah masih tepat waktu.

Ya kalau mau murah jangan marah :p

Sekian :)

Comments

Popular posts from this blog

THINGS TO DO IN JAPAN #8-Hanami (Sakura party)

KABUL, AFGHANISTAN: Pemandangan kota

Rock Festival of Agriculture in Tsuruoka, 29 September 2013