KABUL AFGHANISTAN: Budaya makan

Satu dari sekian banyak budaya orang Afghanistan yang paling saya suka adalah budaya makan. Di Indonesia, terutama di desa, atau di kalangan rumah saya, makan pagi, siang dan malam rata-rata dilakukan sendiri-sendiri dan hanya di meja makan, bahkan kadang-kadang ada pula yang suka dibawa ke kamar, sambil nonton tv seperti adik saya. Budaya ini akan saya ubah ketika Zahra sudah cukup besar nantinya, bahwa makan harus bersama, dan tidak boleh melakukan kegiatan lain selain makan. Di Kabul, budaya ini sudah diterapkan. Ketika makan, semua orang, baik itu anak-anak atau orang dewasa harus berada di ruang makan dan ketika makan, tidak boleh melakukan kegiatan apapun selain sibuk makan. Biasanya, kaum perempuan akan menyiapkan makanan di dapur, termasuk yang masih remaja. Orang Afghanistan tidak meletakkan makanan di atas meja. Semua diletakkan di lantai dan mereka akan duduk melingkar mengitari makanan. Ketika makanan sudah siap, semua makanan akan dibawa ke ruang makan, dibantu oleh kaum perempuan terutama yang masih remaja. Ada yang bertugas menggelar karpet khusus makan, membaw teko dan ember cuci tangan, dan ada yang membersihkan karpet itu nanti setelah makan.

Untuk menu makanan nasi Qobuli, akan ada satu piring berbentuk lonjong dan dimakan oleh 2 orang. Qobuli bisa dibilang makanan wajib orang Afghanistan, ibaratnya seperti nasi goreng orang Indonesia, nasi padang orang Padang, dan miso soup orang Jepang. Hampir di setiap event atau acara makan-makan, menu ini selalu ada, dan rasanya enak sekali! enak sekali! pokoknya enak!
Qobuli biasanya disajikan dengan Kufta (meat ball), french fries, bayam yang dipotong kecil-kecil lalu dimasak, dan makanan lain tergantung selera. Buah juga harus ada di meja dan dimakan setelah selesai main dish.

Setelah semua makanan habis, maka ia yang bertugas membersihkan karpet makan, akan dengan cepet membersihkannya karena ruangan akan diganti dengan menu teh plus permen. Dua hal ini wajib ada setelah makan, jika tidak, perlu dipertanyakan :D

Meskipun menu utama adalah nasi, tapi roti juga wajib ada saat makan

Qobuli yang dimasak dicampur kulir jeruk dan kacang almond

Makan bersama

Porsi yang diberikan akan sangat banyak (bagi saya orang Indonesia :D)

Comments

Popular posts from this blog

THINGS TO DO IN JAPAN #8-Hanami (Sakura party)

KABUL, AFGHANISTAN: Pemandangan kota

Rock Festival of Agriculture in Tsuruoka, 29 September 2013