KABUL, AFGHANISTAN: Kesan Pertama

Rasanya seperti kemarin. Masih jelas teringat obrolan dengan teman sejawat di sebuah sore yang hangat di musim panas Tsuruoka, Jepang. Musim panas adalah musim yang paling asik tapi paling sibuk. Musim yang paling tepat untuk bermain di halaman dan melanjutkan penelitian. Kala itu kami sedang bersama-sama di Jepang, menempuh program pertukaran pelajar selama satu tahun. Sore itu pekerjaan laboratorium kami sudah selesai, boleh lah bersantai sedikit di musim panas yang cukup hangat. Kami hanya mengobrol asik kesana kemari membicarakan masa kini dan masa depan, ada kalanya ngobrol serius tentang Islam dan perjuangan khalifah. Sampai pada satu titik dimana saya berkata pada kawan saya bahwa mimpi saya untuk berkunjung ke bumi Allah yang banyak diterpa perang dan musibah kian kuat ketika mendengar dan melihat berita Palestina tak henti-hentinya diserang oleh kaum Yahudi Israel. Saya tidak mentargetkan harus ke satu negara Islam konflik, tapi hanya saya tekankan bahwa sangat ingin saya berkunjung kesana suatu saat. Untuk melihat langsung bagaimana Islam disana, situasi ketidak-amanan kaum muslimin dan seberapa berbahayanya kah kondisi negara-negara konflik tersebut.

Kawan saya terhentak dan terbelalak mendengar saya menyampaikan mimpi saya itu. Lalu ia mulai menghujani saya dengan pertanyaan "untuk apa dan mengapa harus kesana"

Comments

Popular posts from this blog

THINGS TO DO IN JAPAN #8-Hanami (Sakura party)

KABUL, AFGHANISTAN: Pemandangan kota

Rock Festival of Agriculture in Tsuruoka, 29 September 2013